Pages

Minggu, 02 Desember 2012

RPL the 5th

Model Data Again

Sebelumnya Model data telah dibahas di Analisis Sistem Informasi (ASI) pada refleksi ke-4 ASI. Model data itu merupakan sekumpulan komponen-komponen untuk menerangkan data, hubungan antar data dan batasan antar data yang bersatu dalam suatu organisasi. Salah satu model data ialah ERD yang menjelaskan hubungan antar data di dalam basis data berdasarkan objek-objek data yang mempunyai hubungan antar relasi.

Tugas :
 Menggambarkan ERD dalam kegiatan Kejuaraan Renang Internasional.

Gambar awal yang dibuat :



Gambar setelah diperbaiki :



Kesimpulan :

Dalam membuat ERD terdapat tingkatan yang harus diperhatikan, yaitu :

Dari : http://yuliawinar.blogspot.com/

View : Merupakan sebuah hasil yang dapat dilihat melaui ERD.
Logical : Hubungan logic antar sistem.
Physical : Sistem tersebut.

Kesalahan yang terjadi pada gambar awal yaitu terdapat entitas "Jadwal" yang seharusnya tidak ada. Kenapa? Karena jadwal merupakan sebuah view/ hasil yang dapat dilihat dalam ERD. Oleh karena itu pada gambar perbaikan tidak ada lagi "Jadwal".

Contoh view lain yang dapat diambil dari ERD perbaikan yaitu :
  • Siapa pemenang pada setiap pertandingan.
  • Data Atlit yang ada.
  • Negara yang ikut bertanding.
  • Kategori yang dipertandingkan, dll.
Walaupun model data telah dibahas di ASI, tetapi pada mata kuliah RPL ini saya masih melakukan kesalahan dalam membuat ERD. Saya merasa masih cukup kurang dalam menentukan entitas-entitas apa saja yang ada pada ERD tersebut.

Untuk lebih lanjut saya akan mendalami mengenai tingkatan yang ada pada ERD (seperti yang dijelaskan diatas), karena dengan mengetahui tingkatan itu kita dapat lebih mudah dalam membuat ERD. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar