Pages

Rabu, 31 Oktober 2012

3rd Reflection of ASI

Pada pertemuan kali ini kita membahas mengenai "Proses Bisnis". Proses Bisnis merukapan suatu aktivitas yang dilakukan pada suatu lingkunagan perusahaan. Untuk mengetahui mengenai lebih lanjut mengenai Proses Bisnis ,kita diajak untuk berkhayal seolah-olah kita memiliki sebuah perusahaan yang berupa Rental Mobil(tugas kelompok lagi). Kita harus menetukan Divisi-divisi apa saja yang ada pada perusahaan kita. Untuk lebih jelasnya lihat pebahasan selanjutnya .

Divisi yang ada :
  • Marketing : Memperkenalkan perusahaan, mompromosikan dan mencatat data-data costumer yang akan meminjam mobil.
  • Administrasi : Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Dan juga mencetak slip untuk sebagai tanda bukti.
  • Operasional & Pemeliharaan : Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil, seperti mengecek kondisi mobil, mengeluarkan mobil dari garasi ataupun melakukan pemeliharaan rutin.
  • Personalia : Mengurus gaji karyawan, pengembangan diri karyawan, dll.
Dari divisi-divisi yang ada tentu saja ada satu peran yang juga harus ada dalam suatu perusahaan, yaitu Pimpinan. Dimana pimpinan moengontrol jalannya bisnis perusahaan, memikirkan cara untuk memajukan perusahaan ataupun yang lainnya.

Untuk dapat menganalisis proses bisnis yang baik, sebaiknya divisi dan peran-peran tiap divisi harus jelas untuk memudahkan kita dalam mengetahui proses bisnis apa saja yang dapat atau akan terjadi palam perusahaan.

Dalam menentukan proses bisnis saya merasa masih kurang karena saat saya membuat proses bisnis pada suatu aktivitan, proses yang terjadi hanya sedikit. Tetapi ketika di koreksi oleh teman kelompok ternyata mesih ada proses-proses yang dapat terjadi didalamnya.(Peran teman kelompok penting loh...)

Jadi, untuk selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang tips-tips dalam menentukan proses bisnis. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar